Artikel

Share:
Kategori: Tips & Solusi
Teknik Pengecatan Rumah

Teknik Pengecatan Rumah

Post Date : 20 June 2012

Untuk memahami teknik pengecatan rumah yang benar. Anda harus belajar bagaimana menggunakan kuas atau rol cat, bagaimana membuat takaran tepat warna cat dan kemudian mengaplikasikannya. Hal ini penting karena warna cat sangat berpengaruh pada dekorasi interior rumah, baik itu untuk ruang keluarga, kamar tidur, hingga eksterior rumah yaitu fasad.

Anda mungkin mempertimbangkan untuk memadukan beberapa jenis warna cat seperti flat, satin, eggshell, semi-gloss, dan high gloss (semi-gloss dan high gloss sebaiknya digunakan sebagai cat finishing karena cat jenis ini akan semakin sulit diperbaiki jika terjadi kesalahan dalam teknik pengecatannya).

Tips Teknik Pengecatan :

- Bersihkan permukaan dinding yang akan dicat, sehingga debu dan kotoran tidak akan ikut tertempel di kuas atau rol saat pengecatan dilakukan. Hal ini akan mengakibatkan warna cat yang baru akan tampak kusam, kotor apalagi cat juga akan cepat mengering.

- Selalu gunakan ember ataupun tempat penuang cat, jangan langsung gunakan kuas ke dalam kemasan cat (kaleng atau ember), dan selalu tuangkan paling banyak setengah dari isi cat ke dalam tempat penuang cat. Hal ini untuk menjaga jika saat pengecatan dan tempat penuang cat tumpah, maka Anda masih memiliki setengah sisa cat pada kemasannya.

- Jangan mengecat rumah dengan warna yang terlalu kontras dari warna cat lamanya (sebelum memberikan cat pelapis sebagai dasar). Misalnya warna dinding yang lama adalah biru tua, maka jangan mengecatnya dengan warna kuning muda langsung.

- Jika cat dibiarkan terbuka untuk jangka waktu yang lama, maka cat akan bereaksi terhadap udara sekitar, sehingga akan timbul lapisan seperti stiker tebal di atas permukaannya. Ingat bahwa udara dapat mengeringkan cat.

- Tutup kembali sisa cat dalam kemasan,agar kelak bisa dipergunakan kembali.

 

(Sumber: iderumah.com)