Artikel

Share:
No Image

Tips Cara Mengatasi WC Mampet

Post Date : 31 January 2012

Pernakah WC di rumah Anda mengalami kendala seperti mampet sehingga air tidak bisa masuk ke lubang pembuangan air? Kemungkinan besar yabg terjadi adalah terdapatnya sampah atau kotoran yang menyumbat saluran pembuangan air tersebut. Namun tak jarang terkadang kita menyelesaikan masalah dengan memanggil tukang sedot WC. Tak salah memang, tetapi ternyata ada trick mudah untuk mengatasinya. Jika ingin membersihkan dan melancarkan kembali wc yang mampet tadi , kita dapat menggunakan garam dapur (NaCl) atau garam yang umum di jual di warung-warung.

Langkah pertama adalah menyiapkan kurang lebih 1 kilogram garam, kemudian tuang ke dalam ember, dan masukkan air sebanyak 1 liter. Campuran tadi kita aduk sampai rata dan larut kemudian tuang ke lubang air yang macet tadi. Hal ini di lakukan saat WC  tidak banjir dan di lubang atau tidak banyak air yang antri menuju got karena kalau tidak larutan garam tadi terencerkan kembali.

Diamkan toilet selama 6 jam, setelah itu siram dengan air biasa sambil dihentakkan atau gunakan alat khusus penghentak / pengocok lubang air wc yang terbuat dari karet dengan gagang kayu agar sampah atau kotoran yang menyumbat saluran tersebut dapat terdorong keluar ke selokan. Dengan begitu saluran WC rumah kita akan kembali normal dan bisa digunakan kembali seperti biasa.

Tips ini selain berguna untuk Saluran WC yang mampet juga bisa digunakan untuk lubang wastafel, tempat cuci piring, lubang talang air, lubang air hujan, dan lain sebagainya selama yang menyumbatnya bukan benda keras seperti kaleng atau lainnya.

 

(Sumber: organisasi.org)