Artikel

Share:
Memasang Keramik di Ruangan Non-Persegi

Memasang Keramik di Ruangan Non-Persegi

Post Date : 23 December 2011

Untuk membuat ruangan dalam rumah atau gedung yang unik, Anda bisa membuatnya berbentuk tidak persegi. Entah melengkung di ujung atau miring diagonal di sisi yang lainnya. Hal ini akan berdampak ruangan nampak dinamis dan unik.

Namun masalahnya adalah ketika ingin meletakkan keramik di ruangan non-persegi tersebut, mengingat keramik umumnya berbentuk persegi. Pada dasarnya prosesnya sama dengan memasang keramik persegi, namun ada triknya dan berikut salah satunya:

Step 1 – Siapkan material dan peralatan. Siapkan material dan peralatan sebagai berikut : Keramik, perekat keramik, sendok semen, pemotong keramik, nat, roskam keramik, ember, air, penggaris siku dan pita pengukur/meteran.

Step  2 – Ukur Ruangan. Ketika akan memasang keramik, kita harus tahu berapa banyak keramik yang harus dibeli. Kemudian untuk mengukur ruangan non-persegi, ukur terlebih dahuli bentuk persegi dari ruangan tersebut, dimulai dari sisi yang paling lurus. Sebut ini area A. Setelah itu, pada sisi-sisi yang melengkung atau miring, hitung luas persegi imajiner yang bisa menutup area tersebut, lalu tambahkan kira-kira 10% hasilnya. Sebut ini area B. Untuk menemukan jumlah keramik  yang kita butuhkan, jumlahkan ukuran area A dan B, lalu konversikan dengan ukuran keramik satuan.

Langkah 3 - Tentukan Titik Awal. Kita tidak bisa begitu saja memasang keramik sepanjang dinding di ruangan non-persegi,. Kita harus menentukan titik tengah ruangan, kemudian semakin meluas ke seluruh ruangan. Ketika sampai di ujung yang miring atau melengkung, kita tinggal memotongnya sesuai kontur ruangan. Tentukan titik tengah ruangan dengan terlebih dahulu mencari titik tengah tiap-tiap dinding, kemudian menarik garis lurus ke dinding di seberangnya. Dari perpotongan garis itu, gunakan penggaris siku untuk menentukan bentuk tegak lurusnya. Inilah titik tengah ruangan, titik mula pemasangan keramik .

Langkah 4 – Memasang Keramik. Gunakan perekat keramik berkualitas tinggi terutama yang pemakaiannya praktis dan daya rekatnya tinggi. Aplikasikan secukupnya, lalu tekan keramik dengan kuat. Lakukan mulai dari titik tengah ruangan, terus hingga seluruh bidang tertutup.

Langkah 5 – Pemotongan Keramik. Ketika sampai di sisi ruangan yang tidak tegak lurus, kita akan perlu memotong keramik. Gunakan gergaji pemotong keramik. Jika kita tidak terbiasa memotong keramik , kita bisa menggunakan jasa professional untuk melakukannya. Kerjakan pemotongan ini dengan teliti sehingga bentuk potongannya akurat, sesuai kontur ruangan.

Langkah 6 – Pengisian Nat. Diamkan perekat keramik kering semalaman (1x24 jam). Kemudian keesokan harinya barulah isi nat pada sela-sela keramik dengan menggunakan Pengisi Nat Keramik siap pakai yang tidak cepat mengering saat diaplikasikan. Sebagai langkah akhir, bersihkan keramik dari sisa-sisa nat dengan spons.

 

(Sumber: solusibangunanmu.com)