Artikel

Share:
Ajari anak Anda berkebun yang menyenangkan di taman belakang rumah

Ajari anak Anda berkebun yang menyenangkan di taman belakang rumah

Post Date : 02 August 2012

Beberapa manfaat aktivitas berkebun yang cocok dilakukan bersama anak Anda :

1. Relaksasi - Hasil survey sebuah universitas di Eropa menunjukkan, kegiatan berkebun dapat mengurangi stres karena menimbulkan efek relaksasi. Selain itu dapat juga membantu menjaga kesehatan panca indera terutama mata. Aktivitas berkebun dapat juga digunakan sebagai terapi untuk anak yang berasal dari keluarga berantakan karena membantu membangun rasa percaya diri seseorang.

2. Waktu berkualitas dengan keluarga - Anda bisa lupa tentang pekerjaan serta stres untuk sementara waktu dan ditenangkan oleh suasana indah di kebun. Anda dapat bermain dan menghabiskan waktu bersama anak.  Dapat ngobrol sambil menyiram tanaman atau bekerja dengan tenang di dekat anak Anda. Intinya, selalu lakukan apa yang harus Anda kerjakan, bersama dengan anak Anda. Anda mungkin akan menemukan banyak hal baru tentang anak Anda saat berinteraksi dengan mereka di tempat ini.

3. Ilmu pengetahuan - Dengan aktivitas berkebun, secara tidak langsung anak diajarkan keajaiban ilmu pengetahuan seperti siklus hidup tanaman dan bagaimana intervensi manusia dapat merusak atau membentuk sebuah lingkungan di sekitarnya. Anak dapat memiliki pengalaman yang berharga ketika belajar menanam benih tanaman.

4. Kehidupan - Mengamati benih tumbuh menjadi pohon sama seperti belajar dan mengagumi bagaimana manusia lahir dan tumbuh menjadi seorang anak kecil. Dengan menanamkan sejak dini tentang berkebun maka secara tidak langsung mengajarkan bagaimana mencintai dan menjaga lingkungan mereka kelak. Berkebun dapat membantu mensimulasikan bagaimana lingkungan hidup harus diperlakukan yaitu harus dengan lembut penuh kasih sayang.

Biarkanlah anak belajar mengenali lingkungan sejak dini, sementara Anda dapat belajar mengenali karakter anak lebih dekat terutama ketika berinteraksi bersama mereka di taman belakang rumah Anda. Liburan yang menyenangkan dan berkualitas juga tidak selalu harus memerlukan biaya yang besar dan jarak yang jauh, cukup di halaman belakang tempat tinggal Anda.

 

(Sumber: iderumah.com)