Artikel

Share:
Pasang Door Closer

Pasang Door Closer

Post Date : 05 February 2013

Jika ruangan berAC dan sering lupa menutup pintu, maka udara dingin yang sudah ada keluar percuma. Untuk mengurangi hal tersebut, pasang saja door closer. Suatu system makanik yang mampu membuat pintu tertutup secara otomatis.

Cara pemakaian. Door Closer berfungsi untuk menutup pintu secara otomatis dengan kecepatan pintu menutup dapat diatur sesuai keinginan. Pengaturan kecepatan menutup dilakukan dengan cara memutar screw yang terdapat pada sisi ujung kepala door closer. Kepala door closer dipasang pada daun pintu. Jika screw diputar berlawanan jarum jam, maka kecepatan akan bertambah dan jika diputar berlawanan jarum jam maka kecepatan berkurang. Saat kita membuka pintu maka pintu tersebut akan menutup secara otomatis dengan kecepatan sesuai penyetelan. Door closer dipasang pada sisi arah bukaan pintu.

Cara Perawatan. Bersihkan secara berkala sehingga tidak ada kotoran yang menempel pada door closer sebab jika terjadi maka akan mengurangi kemudahan putaran pintu.

Cara Penggantian. Apabila door closer telah rusak atau tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya maka door closer harus diganti dengan cara melepas semua screw yang menyambungkan kepala door closer dengan pintu dan tangkai door closer dengan kusen. Lalu pasang door closer yang baru dengan cara discrew pada kusen dan daun pintu.


(Sumber: renovasi-ku.com)