Artikel

Share:
Tips mencampur warna-warna dasar cat tembok

Tips mencampur warna-warna dasar cat tembok

Post Date : 10 August 2012

Saat ingin melakukan pengecatan interior rumah, satu hal mendasar yang penting untuk diketahui yaitu bagaimana cara mencampur warna cat tembok sehingga bisa mendapatkan warna cat yang sesuai dengan keinginan Anda. Berikut langkah demi langkah tips mencampur cat tembok :

- Sebelum memulai pengecatan atau mencampur warna, siapkan 3 warna cat dasar yaitu merah, biru dan kuning. Serta 2 warna cat netral yaitu putih dan hitam.

- Tahap mencampur yang pertama yaitu buat warna sekunder dengan campuran antara warna cat kuning dan biru. Hasilnya warna cat hijau sebagai warna sekunder.

- Kemudian Anda dapat berkreasi menciptakan 2 warna sekunder lainnya dengan mencampurkan warna merah dan biru yang akan menghasilkan warna sekunder ungu. Coba campurkan warna merah dengan kuning yang akan menghasilkan warna sekunder oranye. Jangan lupa untuk menambahkan air jika jenis cat yang digunakan adalah cat akrilik atau Anda bisa memakai cairan terpentin jika cat yang dicampurkan adalah cat minyak.

- Setelah langkah di atas, Anda bisa menciptakan warna sekunder lain dengan mencampurkan warna-warna dasar dengan warna netral (hitam dan putih). Campurkan warna hitam jika menginginkan warna yang lebih gelap, serta campurkan warna putih jika menginginkan warna cat pastel.

- Jika semua langkah diatas kurang memberikan variasi warna, coba campurkan warna dasar dengan warna sekunder serta memainkan tingkat terang gelapnya warna cat tembok. Jangan takut untuk selalu bereksperimen dengan warna cat pada interior rumah Anda .

 

(Sumber: iderumah.com)