Artikel

Share:
Tips Menata Rumah Mungil

Tips Menata Rumah Mungil

Post Date : 18 May 2011

Memiliki rumah yang mungil tidak selalu berarti kaku, sempit, sumpek, dan tidak nyaman. Rumah mungil dapat ditata dengan interior yang tepat agar nyaman dan terkesan indah, rapih dan luas. Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan:

Manfaatkan Ruang dengan Efisien. Manfaatkan ruang-ruang kosong untuk meletakkan barang, misalnya dibawah tangga, Anda isi dengan perabotan atau perkakas atau sebagai storeage.

Perhatikan Faktor Pencahayaan dalam Ruang. Gunakan cahaya lampu yang berwarna kuning dan putih. Cahaya lampu berwarna kuning memberi kesan lebih hangat, alami, dan romantis. Sementara cahaya lampu berwarna putih memberi kesan formal, luas, dan bersahabat.

Atur Letak Jendela dan Tepat Memilih Kaca. Pakailah ukuran jendela yang tidak besar dan kaca tidak bermotif. Jendela dipasang dengan posisi tepat agar dapat menyerap sinar matahari, memberi kehangatan, dan membantu sirkulasi udara dalam rumah.

Cat Dinding dengan Warna Terang. Sebaiknya Anda memilih warna dinding yang terang, karena warna gelap akan memberi kesan ruangan lebih sempit dan lesu. Jika Anda memakai wallpaper, pilihlah yang motif garis tipis, atau kotak kecil.

Tangga Dibuat Ringan. Bila rumah mungil Anda terdiri dari dua lantai, sebaiknya memilih tangga dari bahan yang ringan karena akan terlihat tidak memakan ruangan yang sudah sempit.

Pemilihan Furnitur. Pilih furnitur dengan desain sederhana dan warna yang lembut. Tujuannya agar menghasilkan efek luas dan ringan. Masukkan unsur-unsur alam seperti tanaman dalam pot atau bunga di dalam rumah.

Pakailah Cermin. Cermin tidak usah terlalu besar dan terlalu banyak. Tempatkan di satu sudut agar memberi kesan luas di dalam ruangan.

 

(Sumber: properti.kompas.com)