Artikel

Share:
Rumah penuh warna â?? 6 Tips pengecatan rumah

Rumah penuh warna â?? 6 Tips pengecatan rumah

Post Date : 11 June 2012

 

Salah satu cara efisien untuk menambah nilai dan menarik bagi rumah Anda adalah dengan memberikan warna cat yang baru. Ikuti beberapa tips pengecatan berikut untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan apa yang diinginkan :

1. Pilih secara bijaksana, Cari referensi tentang warna cat apa yang sedang populer, tapi berhati-hatilah agar tidak memilih warna yang terlalu mencolok karena akan membuat tampilan rumah menjadi aneh dan buruk. Hindari warna gelap karena akan membuat ruangan terlihat lebih kecil dan dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman. Untuk ruangan kamar mandi dan dapur, pilih warna cerah yang terlihat bersih dan cerah. Setelah menentukan warna pilihan, cat beberapa bagian dinding yang kosong dan lihat bagaimana warna cat pilihan Anda itu saat dipadukan dengan pencahayaan ruangan serta perabotan Anda.

Hal ini akan membantu Anda mengetahui apakah warna itu benar-benar cocok sebelum Anda mengecat seluruh ruangan.

2. Campurkan, jika warna pilihan Anda warna campuran, setelah membeli beberapa kaleng cat sebaiknya Anda campurkan jadi satu semuanya. Untuk menghindari kemungkinan adanya perbedaan warna campuran cat pada tiap kalengnya serta memudahkan Anda saat melakukan pengecatan.

3. Jangan berhemat, Pastikan hanya membeli cat dan kuas dengan kualitas terbaik. Semuanya ini akan berpengaruh pada hasil akhir pengecatan dan biasanya cat dengan kualitas terbaik memang memiliki nilai guna yang lebih panjang dibanding cat kualitas dibawahnya.

4. Persiapan, pastikan dinding telah dibersihkan dengan dikerok (scraping) maupun dengan pengamplasan. Dinding yang bersih dan halus, akan memunculkan warna cat lebih bagus sehingga Anda akan lebih berhemat dalam pemakaian cat karena tidak harus melakukan pengulangan pengecatan serta hasil pengecatan akan lebih awet.

5. Flat atau Gloss, Untuk permukaan dinding kasar lebih baik ditutupi cat jenis flat sementara untuk permukaan dinding halus, akan semakin terlihat bersih dengan cat jenis glossy. Cat jenis glossy mampu untuk melawan kotoran, kelembaban dan jamur, jadi coba untuk menggunakannya di kamar mandi dan dapur.

6. Detil, bila pengecatan selesai, campurkan sisa warna cat yang ada dengan warna putih untuk membuat sebuah warna dekorasi. Gunakan campuran ini untuk membuat beberapa garis sebagai elemen dekorasi pada dinding yang Anda cat tadi dan pastikan Anda tetap mengecat dengan warna yang senada untuk seluruh ruangan.

Warna cat yang baru dan segar adalah salah satu unsur paling penting untuk membuat rumah Anda terlihat lebih menarik. 

 

(Sumber: iderumah.com)