Artikel

Share:
Memberikan Sentuhan Batik pada Rumah Anda

Memberikan Sentuhan Batik pada Rumah Anda

Post Date : 08 November 2012

Banyak pilihan batik dapat digunakan sebagai bagian dari dekorasi rumah. Sebagai dekorasi, batik memang cantik, mulai motif-motif sakral hingga motif yang sering digunakan sehari-hari. Batik dapat memberikan kesan klasik ke dalam rumah. Jika menginginkan suasana lebih cerah dan ceria, batik juga tersedia dalam warna lebih cerah seperti Batik Pekalongan. Kesan tribal pada Batik Papua juga cocok menjadi aksen kontemporer rumah Anda.

Namun, ada baiknya berhati-hati. Motif batik yang cenderung berkesan "ramai" dan "sibuk" dapat menjadi tantangan tersendiri. Pastikan memadukannnya dengan bahan bernuansa lebih "tenang". Berikut ini adalah beberapa inspirasi dalam mendekorasi rumah dengan kain bermotif batik:

Berawal dari yang sederhana - Tanpa membutuhkan jahitan rumit, Anda dapat mengaplikasikan batik sebagai taplak meja atau aksen meja. Gunakan bahan berwarna putih, krem, abu-abu, atau coklat sebagai taplak meja dasar. Kemudian gunakan kain batik berukuran lebih kecil dari taplak dasar dan berwarna senada dengan taplak dasar. Tumpuk kain batik di atas taplak meja dasar.

Untuk meja makan, gunakan batik dan bahan berwarna gelap. Tujuannya, agar noda-noda kecil tidak akan mengganggu penampilan taplak. Selain menjadi taplak meja, kain batik bermotif unik dapat dijadikan pigura dan "pengganti" karya seni.

Sedikit prakarya - Jahit sendiri bahan batik Anda untuk sarung bantal. Sarung bantal ini dapat digunakan di kamar tidur atau sebagai throw pillow di sofa Anda. Padukan sarung bantal bermotif batik itu dengan sarung bantai lain tanpa motif. Atau, padukan motif batik dengan bahan polos dalam satu bantal.

Alas dipan yang berupa busa juga dapat diberikan "seprai" dengan motif batik. Pilih salah satu, bantal bermotif batik atau alas dipan bermotif batik. Namun, usahakan hindari terlalu banyak motif dalam satu ruangan. Ganti juga lampshade dengan kain batik. Pilih motif batik dengan warna tidak terlalu gelap untuk memastikan cahaya tidak banyak dihalangi oleh motif batik.

Membeli jadi - Jika Anda orang yang mahir menjahit, buatlah bedcover dengan kain batik. Jika tidak, banyak tersedia perlengkapan rumah bercorak batik yang dijual, antara lain sarung bantal, seprai, dan bedcover. Anda hanya perlu memilih, membeli, dan voila! Anda dapat mendekor rumah Anda dengan motif batik!

Mix and match - Lakukan mix and match antara motif batik dan bahan polos agar tidak terlalu pusing dengan motif yang rumit. Selain bedding atau perlengkapan tidur, Anda dapat memilih motif batik untuk gorden.

Batik juga dapat digambar dan dicetak secara digital. Karena itu, Anda dapat juga menghias tembok, mencetak keramik, bahkan makan di atas piring berhias batik.

 

(Sumber: Berbagai Sumber)