Artikel

Share:
Membangun Rumah di Lahan Sisa

Membangun Rumah di Lahan Sisa

Post Date : 31 May 2011

Sebelum Anda memutuskan untuk membangun rumah diatas lahan sisa tersebut, sebaiknya buat dulu suatu perencanaan yang matang dan teratur. Berikut adalah panduan langkah-langkahnya:

Membuat Sketsa Awal – Manfaatkan waktu luang untuk membayangkan dan terjemahkan keinginan Anda ke dalam gambar, sketsa, atau coretan mengenai bentuk, tampilan, dan ukuran perubahan-perubahan yang Anda inginkan.

Cari Contoh Bangunan – Carilah contoh bangunan yang menarik sebanyak-banyaknya untuk digunakan sebagai referensi.

Konsultasikan ke Arsitek – Bila Anda mengalami kesulitan menuangkannya keinginan Anda ke dalam bentuk gambar. Pakailah jasa konsultan perencana atau seorang arsitek, karena jasa arsitek bukan hanya membuat gambar perencanaan dan menghitung anggaran. Akan tetapi juga mencakup pemberian solusi penyelesaian terhadap masalah perancangan.

Buat Daftar Kegiatan – Merincikan daftar pekerjaan yang akan dilakukan dan kembangkanlah setiap items pekerjaan menjadi lebih detail dan spesifik. Hitung volumenya masing-masing. Pada saat proses desain sudah mencapai tahap final, sebaiknya jangan melakukan perubahan dan pengembangan lagi.

Kalkulasikan Biaya – Gunakan harga satuan yang ada, kebutuhan biaya pelaksanaan dapat Anda kalkulasikan. Untuk biaya tenaga kerja, berkisar antara 20% sampai 25% dari total kebutuhan material. Upah ini bisa menjadi lebih besar jika dalam pengerjaannya banyak dilakukan kegiatan pembongkaran.

Buat Tabel Jadwal – Dengan membuat jadwal pelaksanaan pekerjaan (time schedulle), Anda bisa mengetahui jumlah total keseluruhan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan pembangunan tersebut. Lama pengerjaan ini sangat berguna sebagai pedoman pengawasan pekerjaan.

 

(Sumber: rumahdanproperti.com)