Artikel

Share:
Punya Kost-kostan Modal Sedikit

Punya Kost-kostan Modal Sedikit

Post Date : 26 November 2012

Sudah baca Matematika Modal Sedikit Omzet Besar Profit Makyus? Jika belum baca dulu ya. Karena itu menjadi konsep dasar bisnis properti. Nah bila sudah, saya akan tambahkan ilmu lagi. Dengan konsep yang sama, Anda bisa punya kost-kostan modal sedikit. Kok bisa? Mari dilanjut. Oh ya, ilmu ini saya dapatkan dari kembaran saya Ridwan Raharjo.

Ketika anda sudah menemukan properti, Anda gambar rumahnya dengan konsep kost-kostan. Bila di artikel Modal Sedikit Omzet Besar Profit Makyus dicontohkan tanah kosong akan dibangun tipe 45. Tapi kali ini tanah kosong akan dibangun kost-kostan 8 kamar. Tentu saja harganya akan naik bukan?

Perlu Anda survey pula harga kost-kostan di lokasi sekitar Anda. Misalkan saja 1jt per bulan. Berarti income bulanan adalah 8 juta per bulan. Okelah, tidak penuh 100%. Terisi 6 kamar, berarti ada potensi bisnis 6 juta per bulan. Dipotong biaya operasional, net income menjadi 4jt (ini misalnya lho ya).

Nah sekarang saatnya menhitung anggaran pembangunan. Tanahnya 100jt (ingat di artikel Modal Sedikit Omzet Besar Profit Makyus) dari 1juta x 100m2. Pembangunan 8 kamar + ruang tamu dll misalkan saja 200jt. Ditambah ijin mendirikan bangunan dan operasional lainnya misalkan 5jt. Sehingga biaya pokoknya 305jt. Anda ambil profit atas pembangunan misalkan 45jt. Jadi anda jual kost-kostan dengan harga 350jt.

Buatlah proposal sedemikian rupa sehingga menarik orang untuk membeli dan menjadi bagian Anda untuk melakukan prospektus. Kemudian Anda iklankan. Jual rumah kost dengan omzet 8juta/bulan. Atau Beli Properti Tanpa Cicilan. Atau Jual Rumah Kost-kostan Langsung Dapat Income. Atau Jual Rumah Kost dengan income 8juta/bulan dan sudah ada pengelolanya. Nah satu lagi, Anda disini juga sebagai pengelola kost-kostan. Sebagai pengelola kost-kostan, Anda mendapatkan bersih 20% (misalnya, bisa 10% atau bila pinter negonya bisa 50% *berkhayal*). Anda cantumkan dalam proposal Anda tadi.

Konsumen harusnya tertarik, karena cicilan rumah seharga 350juta itu berkisar 3juta. Bila ada net income 4juta. Maka konsumen akan mendapat surplus 1jt. Apalagi konsumen tidak perlu mengelola, cukup berbagi hasil dengan anda. Misal Anda mendapatkan hak 20% dari 4 jta atau 800ribu tiap bulan, maka pemilik mendapat 3,2jt. sehingga bersihnya dia mendapat 200ribu. Tapi tanpa harus mencicil. Itu minimal. Kalau kost2annya penuh???

Proses lebih lanjut, baca kembali Modal Sedikit Omzet Besar Profit Makyus dan pahami KONSEPNYA bukan KONTENNYA. Jangan mengacu kepada ANGKA (KONTEN) tapi mengacu kepada POLA (KONSEP). Well, selamat mencoba!


Sumber : http://aryodiponegoro.com/2012/11/01/punya-kost-kostan-modal-sedikit/#more-1608