Artikel

Share:
No Image

Tips Membuat Jalan Setapak

Post Date : 31 August 2012

Untuk mempercantik taman selain memenuhi taman dengan berbagai tanaman hias, cara lainnya adalah membuat jalan setapak di taman. Bukan hanya mempercantik, tetapi juga fungsional.
Pastikan, bahwa jalan setapak yang Anda buat memperkuat karakter taman, dan tentunya akan memperindahnya. Berikut ini caranya:

1. Rencana dan rancangan
Membuat jalan setapak yang lurus, atau yang berkelok-kelok. Jika taman Anda cenderung berukuran kecil, rencanakan jalan setapak berbentuk melengkung. Ini akan membuat ilusi seolah-olah taman Anda lebih besar.

Keuntungan membuat rancangan bentuk sebelum membuat jalan setapak adalah Anda dapat merencanakan juga material pembuat jalan setapak dan berapa banyak material yang Anda butuhkan.

2. Memilih jalan yang solid, atau gaya stepping stone
Gaya apapun Anda pilih, pastikan Anda telah memiliki bahan-bahan yang cukup.

3. Layout jalan
Layout ini sebaiknya Anda buat untuk menentukan posisi batu. Jika Anda menginginkan adanya rumput di antara batu, seperti gaya stepping stone, Anda dapat menggunakan sekop untuk memberikan "garis pemisah" di setiap batu.

4. Tambahkan garis batas
Dengan memberikan garis batas membuat desain lebih kohesif.
Sebenarnya, tidak sulit membuat jalan setapak di taman, bukan? Pastikan rencana Anda sudah matang dan Anda memiliki waktu yang cukup untuk mengerjakannya. Semakin besar taman Anda, semakin banyak pula waktu yang Anda butuhkan. Selamat bekerja!

 

(Sumber: properti.kompas.com)