Artikel

Share:
Prospek Apartemen Primer dan Seken Cemerlang

Prospek Apartemen Primer dan Seken Cemerlang

Post Date : 04 June 2012

 

Associate Director PT Leads Property Service Indonesia, Evie Susanti, dalam diskusi "Prospek dan Investasi Kondominium pada 2012" di Jakarta mengatakan, pengembangan apartemen primer maupun sekunder memiliki tingkat pengembalian yang tinggi meskipun karakter pembelinya berbeda. Apartemen primer, banyak dikembangkan oleh pengembang baru dengan harapan mendapatkan marjin bagus.

Pasar apartemen primer akan diserap pasar rata-rata 97 % saat pembangunannya rampung. Profil pembelinya kebanyakan adalah para investor, yang kemudian akan menyewakan atau menjualnya kembali. Sementara apartemen seken biasanya dibeli oleh enduser untuk digunakan sendiri atau ditinggali.

Kebanyakan pembeli apartemen tersebut adalah kalangan menengah atas dengan gaya hidup lebih efektif dan efisien. Mereka memilih tinggal di hunian vertikal karena menghindari kemacetan dan mendekat pada pusat bisnis.

"Pada saat membeli mereka tidak perlu membayar 60 % - 80 % seperti pembeli pertama dari pengembang. Jika menginginkan keuntungan, mereka dapat menjual kembali 7 - 10 tahun sesudahnya dengan harga jauh lebih tinggi," katanya.

Ia memprediksi, pasar apartemen akan terus diminati baik untuk investasi atau kebutuhan tempat tinggal. Sebagai investasi, apartemen memiliki tingkat pengembalian yang lebih cepat serta mengandung faktor risiko kecil. Dibandingkan dengan investasi lainnya, saham misalnya, nilai jual apartemen tidak akan pernah jatuh atau harganya menjadi murah.

Sebagai tempat hunian, apartemen menjadi alternatif masyarakat mengingat lahan untuk perumahan di perkotaan semakin sempit dan mahal. Apalagi, banyak pengembang yang membangun hunian vertikal dipadukan dengan beragam fasilitas yang semakin mempermudah penghuninya.

 

(Sumber: properti.kompas.com)